NOKIA N900

NOKIA N900
NOKIA N900

Jumat, 28 Januari 2011

TRIK N900 4

Trick Part 4

Spoiler for Buka aja:
Quote:
Originally Posted by edo2001 View 
Post
Perbedaan Overclock via PC dengan via x-terminal di N900
Pada N900 OC memang bisa dijalankan dengan 2 cara yaitu dengan flashing lewat pc & x-terminal pada handphone
Cuman ada sedikit perbedaanya dari OC lewat PC & OC lewat x-terminal di N900
Jika melakukan OC lewat PC kinerja prosesor pada N900 akan stabil
contoh : jika kita melakukan OC di 800mhz-930mhz maka ketika kita merestart hanphone maka angka OC di N900 tidak akan berubah (bisa dilihat di aplikasi "conky") tapi jika kita melakukan OC lewat x-terminal maka OC tidak akan berjalan permanen dengan kata lain jika kita melakukan restart pada N900 maka secara otomatis frequensinya akan kembali menjadi default ke 600mhz
Tapi ada sedikit perbedaan yang mencolok dari kedua cara OC tersebut yaitu jika kita melakukan OC lewat flashing pada PC maka pada preview di "about product" untuk jenis HP tidak diketahui,Versi HP tidak diketahui, sedangkan pada OC lewat x-terminal semuanya diketahui

berikut ane kasih screen shootnya :

Hasil OC pada N900 lewat PC



Hasil OC pada N900 lewat x-terminal



catatan :
1. Tuk OC yg lewat PC walaupun jenis FW tidak diketahui itu tidak menjadi masalah kinerja di N900 tapi menjadi masalah buat mata yg melihat, karena pasti kurang gimana gitu..hehhehehhe...
2. Tuk OC lewat PC hanya bisa berjalan di 930mhz
3. Tuk OC lewat x-terminal N900 bisa berjalan smp 1500mhz

waduh...ada yg lupa nih....jika para N900 masih ada yg mengeluh karena battery boros ketika melakukan koneksi internet ke 3,5G maka segeralah update "Enhanced Linux kernel for power users (Linux kernel updates for an enchanced Maemo 5 kernel 2.6.28.10)" tapi ingat jangan melakukan uninstal pada versi yg terdahulu tuk mendapatkan versi yg terbaru...karena jika dilakukan maka handphone akan hang/mati total btw updatelah terlebih dahulu versi terbarunya & setelah berhasil updatenya maka uninstal versi yg lama...dengan kernel yg baru ini walaupun para N900 melakukan OC maka kinerja N900 tidak akan cepet panas seperti pd versi yg sebelumnya

Nah itu dia jawabanya bro....jadi tergantung ente - ente semua deh mau OC lewat PC silahkan & mau OC lewat x-terminal, no problemo...hehehehehehehe

Bagi para newbie yang baru gabung di "n900 lounge" diharapkan membaca dari halaman pertama hal ini dikarenakan agar tidak terjadi penjelasan yg berulang - ulang & untuk TS nya semoga setuju ma ane....

pokoknya N900 kagak ada matinye....
Quote:
Originally Posted by adisaputraw View 
Post
Overclock Dari Wikipedia bahasa Indonesia
Selamat siang agan semua... ane cuma mau passing infor aja nich yang ane salin dari laman sebelah...

Overclock
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Overclock adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya peripheral computer yang dioveclock. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer.
Perangkat PC yang di-overclock sama saja dengan dipaksa melebihi kemampuan aslinya. Namun, overclock PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama mainboard, harddisk, dan prosesor.
Untungnya sekarang banyak perangkat keras yang dibuat dengan fabrikasi yang sudah handal untuk keperluan overclock, sehingga apabila dengan wawasan pengertian dan pengalaman overclock, itu kerusakan pada saat overclock dapat diminimaliasi.
Menurunnya tingkat kestabilan PC karena overclock bisa disebabkan oleh buruknya kualitas power supply unit (PSU), memori, dan atau mainboard. Untuk menghindari ketidakstabilan tersebut cobalah untuk mengganti power supply dengan kualitas dan daya yang memadai, memori dengan kualitas baik dan dapat diandalkan, motherboard yang bagus dengan bios yang lengkap. Untuk perangkat keras dengan kualitas memadai dan bagus untuk dioverclock tidak selalu berharga mahal.
Kerusakan perangkat keras karena dioverclock terutama disebabkan oleh panas yang berlebih untuk menghindarinya banyak cara yang bisa dikerjakan misalnya memperbaiki sistem aliran udara dalam casing, memperbaiki heatsink cpu/chipset/vga dengan cara lapping atau bahkan menggantinya dengan pendingin berkualitas yang sekarang banyak dijual di toko-toko komputer di Indonesia. Sistem pendinginan ada banyak macamnya seperti HSF (Heat Sink Fan) standar yang umum digunakan dimana pendinginan berasal dari kipas (Fan), Water Cooling, sampai yang ekstrim seperti menggunakan bong dan dry ice atau peltier.

Karena processor rovers kita cukup ok, jadi sptnya akan aman dan sejahtera buat kita2 yang mau OC...

mungkin pada perinsipnya OC itu juga berkaitan dengan currant (daya) yang dalam hal ini diberikan jatah lebih besar kepada processor utk penyelesaian proses2 data.

Kalo agan2 perhatikan, processor baru akan memakai daya (currant) pada saat ada data yang di proses atau akan diproses naah, pada saat itulah, software mengatur pemasokan daya ke processor yang berakibat pada kecepatan dalam waktu process data/applikasi. Mungkin perbedaan currant untuk 600Mhz tidaklah jauh berbeda dengan currant 800Mhz/900Mhz atau bahkan 1Ghz sehingga yang terjadi kemudian adalah pemakaian batterai/daya yang lebih effisien/irit. Kenapa irit, karena proses lebih cepat terlaksana dan terselesaikan oleh si processor sehingga pada saat processor idle/nganggur, maka daya yang terpakaipun akan otomatis terhenti or plg tidak menurun.. berbeda dengan setting awal rover yang berkisaran di 600Mhz yang membutuhkan waktu lebih lama dalam melakukan process data/applikasi dibanding dengan kalau agan2 OC ke 900Mhz. Pada 600Mhz waktu yang diperlukan akan lebih lama dalam process data/applikasi dengan demikian currant/daya baterai yang terpakaipun akan lebih banyak dibanding kalau OC ke 900Mhz. Sayang ane gak punya data dan alat untuk pengukuran berapa currant yang terpakai untuk 600Mhz dan berapa untuk 900Mhz/1Ghz tetapi menurut pengalaman ane, tidak akan berbeda jauh...

Pemakaian currant akan tampak berbeda bila agan2 OC lewat xterminal dengan mengikuti 2 kalimat berikut:
1. sudo gainroot
2. echo 900000 > /sys/devices/system/cpu/cpu0/cpufreq/scaling_max_freq
3. echo 800000 > /sys/devices/system/cpu/cpu0/cpufreq/scaling_min_freq

dibanding dengan:
1. sudo gainroot
2. echo 800000 > /sys/devices/system/cpu/cpu0/cpufreq/scaling_max_freq

Perhatikan kalimat scaling_max_freq yang akan hanya dipergunakan bila processor memiliki banyak antrian data/applikasi yang harus diprocess. jadi currant yang terpakai untuk pencapaian kecepatan pd 900Mhz hanya pada saat tertentu dan bukan terus menerus sehingga akan membantu penghematan penggunaan daya karena waktu process nya akan jauh lebih cepat dibanding dengan 600Mhz..

Tetapi akan berbeda cerita bila kita juga menentukan currant yang harus terpakai walaupun tidak ada pengantrian proses apapun. Naah pada perintah yang pertama, ane memberikan perintah kepada rovers untuk tetap mensuplai currant/daya ke processor agar processor dapat mencapai kecepatan 900Mhz walaupun tidak ada apapun yang dikerjakannya (seharusnya daya processor dapat menurun hingga 200-250Mhz pada posisi idle). dan hal ini TIDAK mempengaruhi kecepatan apapun tetapi jelas mempengaruhi pemakaian daya yang lebih boros karena daya akan terus terpakai walau processor dalam keadaan idle dan processor akan terus memakai daya itu walau doi nganggur (doi jadi kepanasan, cepet stress dan akhirnya bisa jadi memutuskan utk bunuh diri, hehe..).

Keputusan terakhir tentunya ada pada agan2 semua dan bertindaklah sebijaksana mungkin untuk ane sendiri sudah ane laksanakan min dan max ke 1Ghz selama 1 minggu dan ane tidak mendapatkan kecepatan yang jauh berbeda dibandingkan kalau ane hanya pake yang hanya max 1Ghz. Yang jelas, ane tidak boleh jauh2 dari charger si rover selama waktu itu (hehe..).

N900, OC atau gak OC tetap OCE:...   CMIIW...
Quote:
Originally Posted by edo2001 View 
Post
update kernel & Aplikasi Queen Beecon WIdget
di app manager dah ada update kernel yg baru seri 2.6.28.10 tuh bro....dengan demikian tuk pemakai OC buat rover tidak usah kuatir rovernya bakalan kepanasan kalo dah di OC ditambah lagi ada aplikasi baru tuk memfleksibelkan (memonitoring) OC namanya..."Queen Beecon WIdget"
dengan kernel yg baru + app. Queen Beecon WIdget + display ke level 2 rover berjalan dengan stabil dengan kata lain kinerja OC lebih bagus daripada sebelumnya.....alias tidak gampang panas (ane coba lewat x-terminal)
mungkin itu dulu info dari ane, mungkin ada yg mau nambahin agan2x yg lain...tengkyu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar